Tutorial Membuat Google Form untuk Pemula

Apakah Anda baru saja mulai menggunakan Google Formulir, Berikut Tutorial Membuat Google Form untuk Pemula? Tidak pernah mendengar hal ini sebelumnya? Apa pun itu, berikut adalah beberapa kiat untuk membantu Anda memulai dengan alat Google Formulir yang canggih dan mulai membuat survei dan formulir online secara gratis.

Apa itu Google Forms?

Jika Anda sudah tahu tentang Google Formulir, jangan ragu untuk melewatinya. Jika tidak, maka itu intens. Kami akan membahas dasar-dasarnya dan memberi tahu Anda apa itu Google Formulir dan bagaimana Anda dapat mulai menggunakannya sekarang.

Google Forms adalah alat survei gratis yang merupakan bagian dari G Suite, rangkaian kantor lengkap Google (walaupun beberapa menyebutnya semua Google Documents). Layanan utama lainnya yang termasuk dalam paket cloud adalah spreadsheet (Excel), dokumen (Word), dan presentasi (PowerPoint).

Google Formulir memungkinkan Anda mengumpulkan informasi dari orang-orang melalui kuis atau survei pribadi. Anda kemudian dapat menghubungkan informasi ke spreadsheet di Spreadsheet untuk merekam respons secara otomatis.

Spreadsheet kemudian diisi dengan tanggapan dari tes atau survei waktu nyata. Ini menjadikan Google Formulir salah satu cara termudah untuk menyimpan data langsung ke spreadsheet.

BACA: Cara Menutup Google Form

Dengan formulir, Anda dapat mengumpulkan tanggapan RSVP, memulai survei, atau membuat kuis siswa menggunakan formulir online sederhana. Anda dapat membagikan formulir Anda melalui email, tautan langsung, atau media sosial dan meminta semua orang untuk berpartisipasi.

Dan karena Formulir adalah alat online, Anda dapat berbagi dan berbagi formulir yang sama dengan banyak orang secara waktu nyata.

Tutorial Membuat Google Form dengan Formulir Kosong

  1. Setelah Anda memiliki akun Google, saatnya membuat formulir pertama Anda. Buka halaman beranda Google Forms dan tempatkan kursor Anda pada tanda plus multi-warna (+) di sudut kanan bawah.
  2. Tanda plus berubah menjadi ikon pensil ungu; Klik untuk membuat formulir baru.
  3. Tips: Anda dapat mengetik Forms.new ke bilah alamat browser apa pun dan tekan Enter untuk membuat formulir kosong baru dan membukanya secara otomatis.

Tutorial Membuat Google Form Dengan Template

Salah satu hal pertama yang mungkin ingin Anda lakukan setelah membuat bentuk kosong baru adalah memberinya sedikit kepribadian. Google Forms memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tema dan membuatnya menonjol dengan menambahkan gambar, warna, dan gaya font.

  1. Klik bilah artis di bagian atas layar. Dari sini, Anda dapat memilih dari berbagai gambar header yang tersedia (atau mengunggahnya sendiri), warna dasar template, warna latar belakang, dan gaya font.
  2. Meskipun penyesuaian kurang dalam hal tema formulir (selain dapat mengunggah gambar header apa pun), Google Forms menebusnya dengan semua yang ditawarkannya.
  3. Setelah menyesuaikan formulir, tutup Opsi Tema untuk kembali ke survei.
  4. Bagaimana memilih jenis pertanyaan
  5. Saat membuat Formulir Google, Anda dapat memilih jenis pertanyaan yang harus dijawab orang. Apakah Anda membutuhkan jawaban yang konsisten dari formulir pilihan ganda atau jawaban untuk panjang artikel, Anda dapat membuat formulir sempurna Anda dalam waktu singkat!
  6. Klik menu tarik-turun di sebelah bidang pertanyaan.
  7. Kemudian pilih jenis pertanyaan yang diinginkan dari daftar.
  8. Bagaimana cara menambahkan pertanyaan tambahan?
  9. Jika Anda membuat survei atau kuis, kemungkinan besar Anda akan menyertakan lebih dari satu pertanyaan di dalamnya. Google Formulir memudahkan untuk menambahkan pertanyaan sebanyak yang Anda inginkan, dan Anda dapat memvariasikan jenis pertanyaan.
  10. Anda bahkan dapat membaginya menjadi beberapa bagian sehingga tidak semuanya ditampilkan dalam satu halaman.
  11. Untuk menambahkan pertanyaan tambahan ke formulir, klik tanda plus (+).
  12. Untuk menambahkan bagian lain untuk pertanyaan individu, klik ikon dalam bentuk dua persegi panjang.
  13. Secara opsional, Anda dapat memberi bagian nama dan deskripsi untuk membedakannya dari bagian lain nanti.
  14. Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan ke bagian lain, itu mudah! Cukup seret dan lepas di antara bagian. Di akhir bagian, klik menu tarik-turun untuk memilih ke mana formulir akan membawa orang selanjutnya.

Itulah beberapa Tutorial Membuat Google Form untuk Pemula yang kami sajikan untuk anda semua. Semoga bermanfaat.