Tidak Bisa membuka File Google Drive – Begini Cara Mengatasinya?

Apakah Anda mengalami masalah tidak bisa membuka file google drive di Ponsel Atau Desktop? Coba kiat, perbaikan, dan solusi ini untuk menyelesaikan masalah Google Drive.

Google Drive memudahkan untuk berkolaborasi dengan pengguna lain. Itu juga terintegrasi dengan banyak layanan lain dan file selalu tersedia. Yang terbaik dari semuanya, Anda mendapatkan banyak ruang penyimpanan gratis.

Meskipun Google Drive unik, mengakses layanan bisa menjadi masalah. Anda mungkin tidak dapat mengosongkan ruang penyimpanan, berbagi file, atau mengakses dokumen. Untungnya, banyak masalah Google Drive yang mudah diperbaiki.

Kami akan memberikan beberapa tip pemecahan masalah Google Drive yang khas dan kemudian menangani beberapa masalah Google Drive tertentu.

Langkah Pemecahan Masalah Tidak Bisa Membuka File Google Drive

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang harus Anda coba terlebih dahulu. Mereka dapat membantu mendiagnosis dan memperbaiki berbagai masalah Google Drive.

1. Periksa Status Google Drive Online

Kunjungi Dasbor Status Aplikasi Google. Ini mencantumkan semua layanan Google dan memberi tahu Anda jika ada masalah yang diketahui dengan mereka. Jika Anda melihat indikator Out of Service (kuning) atau Out of Service (merah) pada aplikasi yang ingin Anda gunakan, Anda dapat mengetuk titik berwarna untuk melihat detail kapan layanan akan online kembali.

Jika masalah dengan Google Drive terkait dengan Google, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah menunggu hingga kerusakan selesai.

2. Nonaktifkan antivirus dan firewall Anda.

Antivirus dan firewall menyebabkan masalah saat menyinkronkan file, atau kesalahan “Anda tidak terhubung, beberapa fungsi mungkin tidak tersedia” muncul. Jadi, coba nonaktifkan sementara antivirus dan firewall Anda – ingatlah untuk mengaktifkannya nanti (ada banyak alasan mengapa Anda harus menggunakan firewall).

Pada Windows 10 dan Windows 11, nonaktifkan Windows Defender dengan melakukan hal berikut:

  • Tekan Tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan.
  • Buka Pembaruan & Keamanan (Windows 10) atau Privasi & Keamanan (Windows 11) > Keamanan Windows > Buka Keamanan Windows.
  • Setelah di sini, klik Firewall dan perlindungan jaringan.
  • Pilih jaringan aktif Anda dan matikan Microsoft Defender Firewall.

3. Mulai ulang Google Drive

Jika Anda menggunakan Google Drive melalui browser web, logout, tutup browser web Anda, pastikan koneksi internet Anda aman, dan login kembali.

Anda juga dapat keluar dari Google Drive dari desktop. Untuk melakukan ini:

  • Klik ikon Google Drive di bilah tugas.
  • Klik roda gigi Pengaturan di sudut kanan atas.
  • Pilih Keluar.
  • Buka kembali aplikasi.

4. Cara mengembalikan versi lama dari file Google Drive

Tips Selanjutnya mengatasi tidak bisa membuka file Google Drive adalah mengembalikan ke versi lama yang menyimpan riwayat detail pengeditan setiap dan semua perubahan yang dibuat pada dokumen oleh pengguna mana pun yang memiliki hak pengeditan.

Untuk kembali ke penyimpanan sebelumnya dari file yang dibuat di ekosistem Google (seperti Google Documents), buka file dan pilih File > Riwayat Versi > Lihat Riwayat Versi (atau tekan Ctrl + Alt + Shift + H).

Riwayat perubahan yang dibuat pada file akan muncul di sisi kanan dokumen, dan Anda dapat menavigasi semua perubahan yang dibuat.

BACA: Cara Buat Akun Google Play Store

Untuk file non-Google yang telah Anda unggah, klik kanan pada file tersebut, pilih “Kelola Versi” dan Anda akan dapat melihat dan mengunduh semua versi file sebelumnya (hingga 30 hari atau 100 versi).

5. Google Drive kehabisan ruang penyimpanan

Penyimpanan Google Drive dibagi antara layanan seperti Google Documents, Google Spreadsheet, Gmail, dan Google Foto. Untuk melihat berapa banyak penyimpanan yang Anda gunakan di semua layanan Google ini, kunjungi halaman Google One Storage. Jika Anda kehabisan ruang, Anda memiliki dua opsi.

Hapus data dari Google Drive

Yang pertama adalah menghapus file yang tidak lagi Anda perlukan. Di Google Drive, klik “Penyimpanan” di menu di sebelah kiri. Ini akan menunjukkan kepada Anda semua file Anda, yang dapat Anda urutkan berdasarkan ruang penyimpanan yang digunakan.

Untuk menghapus sesuatu, klik kanan padanya dan pilih Hapus. Juga jangan lupa untuk menghapusnya dari tempat sampah.

Anda juga harus memeriksa aplikasi pihak ketiga yang menggunakan penyimpanan tanpa terlihat. Untuk melakukannya, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan > Manajemen Aplikasi.

Untuk setiap aplikasi, klik “Opsi” dan Anda dapat menggunakan “Hapus data aplikasi tersembunyi” jika diperlukan. Anda juga dapat mengeklik “Putuskan sambungan dari Drive” untuk menghapus integrasi aplikasi sepenuhnya.

Tidak Bisa membuka File Google Drive dengan Perbarui penyimpanan Google One Anda

Google Drive hadir dengan penyimpanan 15GB, yang bisa cepat habis jika tidak hati-hati. Jika Anda tidak dapat menemukan apa pun untuk dihapus, pertimbangkan untuk membayar upgrade vault.

Periksa halaman Penyimpanan Google One untuk mengetahui harga di mana Anda dapat membayar biaya bulanan atau tahunan yang wajar untuk 100GB, 200GB atau 2TB.