Pengertian Google Form dan Fitur Didalamnya

Pengertian Google Form – Awalnya merupakan fitur Google Sheets pada tahun 2008, Google Forms adalah alat survei yang memungkinkan pengguna membuat formulir, kuis, aplikasi, dan dokumen lain yang dapat diisi yang memerlukan input pengguna.

Berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, jawaban singkat, paragraf, dan unggahan file, dapat disertakan dalam Google Formulir Anda, memungkinkan Anda untuk mengumpulkan berbagai data. Setelah formulir dibuat, formulir dapat dibagikan dengan pengguna di seluruh platform. Data untuk Model Builder ditampilkan pada beberapa grafik dan dapat diatur secara otomatis ke dalam spreadsheet.

Google Formulir tersedia untuk pengguna Google secara gratis sebagai bagian dari Google Workspace. Alat ini berbasis web dan dapat diakses dari perangkat apa pun menggunakan browser internet. Formulir yang telah diisi tersedia di Google Drive pengguna.

Fakta bahwa aplikasi ini sepenuhnya gratis dan cukup mudah digunakan tanpa pengetahuan teknis membuat Google Forms dapat diakses oleh hampir semua orang.

Namun, jika Anda sudah mulai melihat ke dalam Google Forms, Anda mungkin ingin mengetahui apa yang dapat dilakukan platform tersebut. Pada akhirnya, fitur inti Google Formulir harus menunjukkan apakah aplikasi tersebut tepat untuk organisasi Anda.

Fitur yang Ada di Google Form

Template

Seperti kebanyakan pembuat formulir, Google Formulir menawarkan banyak templat formulir yang sudah jadi yang dapat menghemat banyak waktu Anda saat membuat formulir dari awal. Namun, template ini masih sangat dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat memodifikasinya sesuka Anda.

BACA: Tutorial Membuat Google Form untuk Pemula

Program ini menawarkan 17 template berbeda di galeri template. Template ini dipecah menjadi tiga kategori utama: pribadi, bisnis, dan pendidikan.

Format Pertanyaan

Ada banyak format pertanyaan yang dapat Anda tambahkan ke Formulir Google yang dapat berinteraksi dengan responden. Elemen-elemen ini meliputi:

  1. Jawaban Singkat: Satu baris yang dapat digunakan responden untuk menjawab pertanyaan.
  2. Paragraf: Beberapa baris yang dapat digunakan responden untuk menjawab pertanyaan secara rinci.
  3. Pilihan ganda: jawaban ganda dengan lingkaran di sebelahnya yang dapat dipilih oleh responden untuk menunjukkan jawaban mereka atas pertanyaan tersebut.
  4. Kotak centang: Mirip dengan beberapa pilihan, tetapi dengan kotak centang. Responden dapat memilih beberapa kotak centang.
  5. Daftar drop-down: Memungkinkan responden untuk memasukkan daftar tanggapan.
  6. Unggah File: Memungkinkan responden mengunggah dokumen, seperti resume atau foto, melalui Formulir Google.
  7. Skala Linear: Gelembung pilihan ganda pada skala (untuk pertanyaan seperti “Pada skala satu hingga lima, seberapa puaskah Anda dengan layanan kami”).
  8. Multi-Choice Grid: Gelembung Multi-Pilihan dalam format grid (misalnya grid mungkin 4 gelembung dengan 5 gelembung)
  9. Kotak centang Kotak: Sama seperti kotak pilihan ganda, tetapi dengan kotak centang.
  10. Tanggal: untuk memilih tanggal dalam format bulan, hari dan tahun
    Waktu: Pemilihan waktu dalam format 00:00.

Conditional Logic

Sederhananya, logika kondisional mengubah pertanyaan yang ditanyakan responden saat mereka melihat formulir Anda berdasarkan jawaban mereka sebelumnya. Ini jelas merupakan salah satu fitur yang relatif canggih dari Google Forms.

Misalnya, di Google Formulir dengan pertanyaan pilihan ganda, responden yang memilih jawaban A dapat dipindahkan ke satu bagian, dan responden yang memilih jawaban B dapat dipindahkan ke bagian lain.

Misalnya, pertanyaannya adalah: “Apakah Anda puas dengan layanan kami?”. Jawaban “A” bisa “baik” dan jawaban “B” bisa “buruk”. Memilih jawaban ‘A’ akan memindahkan responden ke bagian baru dengan pertanyaan ‘Saya senang mendengarnya! Apa yang Anda sukai dari layanan kami? Jika jawaban B dipilih, responden akan dibawa ke bagian baru dengan pertanyaan “Maaf tentang itu. Apa yang tidak Anda sukai dari layanan kami?”.

Meskipun Google Forms berisi logika bersyarat, ini relatif sederhana dibandingkan dengan kemampuan boolean dari pembuat formulir berbayar.

Upload File

Elemen upload file adalah fitur Google Formulir yang ditemukan di hampir semua pembuat formulir.

Upload file memberi responden pilihan untuk mengirimkan file melalui Formulir Google.

Untuk memberi Anda gambaran tentang kapan seseorang mungkin ingin menggunakan elemen ini, masuk akal untuk menggunakan elemen ini jika Anda ingin mendapatkan:

  1. Lamaran kerja atau resume untuk calon karyawan
  2. Kirim tes, kuis, atau esai
  3. foto kompetisi fotografi

Kemungkinannya tidak terbatas. Kiriman yang dikirimkan melalui elemen unggah file akan disimpan di Google Drive Anda.

Namun, meskipun fitur Google Forms ini bagus, elemen ini memiliki beberapa keterbatasan. Untungnya, ada pembuat formulir berbayar dengan fitur unggah file yang mungkin masuk akal bagi Anda jika fitur tersebut penting bagi Anda.

Itulah Pengertian Google Form dan fitur yang tesedia