Google Forms vs Microsoft Forms: Mana yang lebih baik untuk digunakan?

Jika Anda membuat formulir online, Anda perlu tahu apakah Anda akan menggunakan Google Forms atau Microsoft Forms. Inilah yang harus Anda pilih!

Formulir online adalah metode populer untuk mengumpulkan data secara online. Formulir ini juga membantu menganalisis data yang dikumpulkan. Sementara banyak platform memungkinkan Anda membuat formulir online, kebanyakan orang lebih suka menggunakan layanan formulir dari raksasa teknologi seperti Google dan Microsoft.

Lihat perbandingan Google Forms vs Microsoft Forms kami untuk melihat mana yang lebih baik.

1. Kemudahan Penggunaan

Jika Anda memikirkan kegunaan, Google Formulir memiliki bagian terpisah dengan instruksi yang jelas. Anda dapat dengan mudah menemukan opsi yang Anda butuhkan. Meskipun antarmuka platform ini terlihat cantik.

Sebaliknya, Microsoft Forms memiliki antarmuka modern, tetapi pengguna baru mungkin merasa sedikit membingungkan karena antarmuka yang berantakan.

2. Dokumen Partisipasi

Berbagi model yang mudah memberikan lebih banyak peserta dan lebih banyak pilihan pengumpulan data. Kedua platform memungkinkan pembuat formulir untuk membagikannya dengan orang lain.

Anda dapat mengirimkan formulir melalui email atau membagikan tautannya sehingga orang lain dapat mengaksesnya secara langsung di browser web. Kemampuan untuk menyematkan formulir di halaman web juga tersedia di kedua aplikasi.

Apa yang membedakan Microsoft Forms dari pesaingnya dalam hal berbagi adalah kemampuan untuk berbagi secara langsung di media sosial dan menggunakan QR untuk berbagi secara instan. Gunakan mereka untuk mendapatkan respons maksimal terhadap formulir Anda.

3. Pertanyaan yang Sering Diajukan

Menambahkan pertanyaan adalah fitur terpenting dari platform pembuatan model. Dengan Google Forms, Anda memiliki banyak pilihan untuk memilih kategori pertanyaan dan jawaban.

Misalnya, ini memungkinkan Anda memilih dari opsi seperti jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, dan daftar drop-down kemungkinan jawaban.

Anda tidak akan menemukan opsi ini di Microsoft Forms, dan Anda akan baik-baik saja dengan tipe formulir terbatas yang memungkinkan Anda mengelompokkan teks dan jawaban pilihan ganda.

4. Tema Desain

Tema membantu menciptakan suasana yang ramah dan santai bagi peserta, yang mencegah mereka dari kebosanan saat mengisi formulir. Baik Anda menggunakan Google atau Microsoft untuk membuat formulir, Anda dapat menyesuaikan atribut formulir di kedua grup.

Meskipun Microsoft Forms tidak memiliki kumpulan templat terbaik, ia memiliki banyak tema dan grafik yang menarik, termasuk grafik. Mereka memainkan peran penting dalam meningkatkan penampilan sosok. Sebaliknya, Google Forms memiliki tema pastel lama untuk beberapa warna solid.

Namun, Anda dapat mengunggah gambar Anda sendiri sebagai tema di kedua platform. Di Microsoft Forms, tampilan akan sepenuhnya terlihat di latar belakang. Namun, tema khusus hanya akan muncul di bagian header Google Forms.

5. Template Siap Pakai

Saat ini, tidak ada yang punya waktu untuk mendesain model dari awal. Oleh karena itu, platform menawarkan templat tempat Anda dapat memasukkan informasi untuk membuat formulir.

Dengan banyak pilihan template Google Forms, Anda dapat membuat survei teks dan kartu undangan yang menyenangkan. Pilih model dari galeri dan mulai menggunakannya. Template juga berisi pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat Anda tambahkan sesuai kebutuhan.

BACA: Cara Menambahkan Gambar ke Pertanyaan dan Jawaban di Google Forms

Microsoft Forms hanya memiliki tiga tipe templat untuk formulir, kuis, dan undangan pesta. Meskipun memungkinkan Anda untuk menyesuaikan template ini, Anda perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan tampilan impian Anda.

6. Kolaborasi

Seringkali, banyak orang harus berurusan dengan informasi yang dikumpulkan melalui formulir kuesioner. Google Forms memungkinkan Anda untuk menambahkan kolaborator dengan memasukkan alamat email aktif mereka. Pembuat formulir akan mempertahankan kemampuan untuk mengontrol secara gratis siapa yang dapat menyertakan kolaborator, siapa yang dapat mengedit formulir, dan seterusnya.

Namun, dengan Microsoft, Anda harus menjadi pelanggan untuk menambahkan kolaborator.

7. Periksa jawaban

Dengan fitur ini, Anda dapat yakin bahwa responden telah mengirimkan data yang Anda minta. Dengan validasi respons yang diperbarui dari Google, ini memvalidasi respons sebelum mengirimkan. Saat ini memvalidasi tanggapan yang berisi teks atau angka.

Misalnya, jika ada bidang untuk memasukkan URL atau alamat email, Google Forms memastikan bahwa tanggapan yang dikirimkan berisi bagian URL dan alamat email yang diperlukan.

Namun, Anda hanya dapat memverifikasi nomor menggunakan Microsoft Forms. Platform ini juga akan memungkinkan Anda untuk memilih istilah seperti lebih banyak dan lebih sedikit.