Google Drive Tidak Lagi Menyimpan File di Beberapa Lokasi? Apa yang Harus Dilakukan

Apakah Anda menyimpan file yang sama di tempat yang berbeda di Google Drive? Sekarang pembaruan Google Drive akan membantu Anda mengaturnya dengan lebih baik.

Google Drive telah meluncurkan pembaruan yang akan membuat pengaturan file Google Drive Anda tidak terlalu membingungkan. Misalnya, jika Anda menduplikasi file dan folder yang sama di beberapa tempat di Google Drive, platform penyimpanan cloud akan menggantinya dengan pintasan.

Bagaimana cara pintas Google Drive bekerja? Dalam fitur hari ini, mari cari tahu semua tentang pembaruan yang akan datang dan bagaimana hal itu akan membuat alur kerja Anda menjadi lebih baik.

Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pembaruan?

Pembaruan Google Drive akan mengubah cara Anda mengatur file. Alih-alih menambahkan file yang sama ke beberapa lokasi, Anda dapat membuat pintasan ke lokasi asli di lokasi lain. Pembaruan ini akan memengaruhi pengguna Google Workspace dan pengguna dengan Akun Google pribadi.

Google akan secara otomatis memigrasikan file duplikat yang ada. Lokasi file asli akan dipilih berdasarkan kepemilikan file Google Drive, dan sisanya akan diganti dengan pintasan. Sebagai administrator ruang kerja, Anda dapat mengontrol pembuatan pintasan (berapa banyak yang dibuat dan siapa yang memiliki akses) di pembaruan mendatang dari panel Drive Saya di konsol Admin. Pembaruan ini bertujuan untuk menciptakan ruang kerja yang mudah diakses, terorganisir, dan nyaman.

Cara Membuat Pintasan di Google Drive

Di masa depan, mengetahui cara membuat pintasan ke file akan sangat penting untuk pekerjaan Anda. Ada dua metode yang harus Anda ketahui.

Tekan kombinasi tombol Shift + Z. Seperti yang mungkin Anda ingat, kombinasi ini bertanggung jawab untuk menambahkan folder ke beberapa tempat sebelum pembaruan. Setelah rilis pembaruan, Anda akan dapat menggunakan tombol yang sama untuk membuat pintasan ke file dan folder alih-alih menyalinnya ke lokasi yang berbeda.

Gunakan menu konteks. Klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda buat pintasannya dan pilih “Tambahkan Pintasan ke Drive”. Maka Anda perlu memilih lokasi yang sesuai dan klik “Tambahkan Pintasan”. Ini sangat sederhana!

BACA: Cara Berbagi File Google Drive Dengan Akun Selain Gmail

Namun, Dukungan Google menyebutkan beberapa batasan dalam mengelola pintasan Anda. Setelah Anda membuat pintasan untuk file (atau folder), Anda tidak dapat membuat pintasan lain untuk itu. Tapi Anda bisa membuat salinan labelnya. Perhatikan bahwa jika Anda membuat pintasan di situs yang bukan milik Anda, Anda tidak akan dapat menghapusnya.

Berita Apa?

Cara baru untuk mengatur file dan folder bukan satu-satunya hal baru. Google Drive juga akan menyediakan data dan informasi pintasan yang lebih akurat kepada penggunanya di jendela detail. Anda akan melihat informasi dasar tentang file, seperti ukuran dan penggunaan penyimpanan.

Selain itu, Anda akan dapat memeriksa siapa yang memiliki akses ke sana, siapa pemiliknya dan apakah file tersebut cocok untuk diunduh. Selain itu, informasi tentang modifikasi terakhir dan lokasi asli akan ditampilkan di jendela yang ditentukan.

Pembaruan ke Google Drive ini pasti akan memudahkan untuk memeriksa detail dan mengontrol siapa yang membagikan file atau folder.

Seperti yang telah disebutkan, proses mentransfer file atau folder dan menggantinya dengan pintasan akan sepenuhnya otomatis dan akan berlangsung tanpa partisipasi Anda.

Sayangnya, ada satu situasi ketika ibu pengganti membutuhkan bantuan Anda. Ini adalah saat Anda menggunakan opsi pencadangan dan sinkronisasi. Kemudian tindakan akan dimulai hanya setelah beralih ke desktop Disk. Ingatlah bahwa pembaruan tidak dapat dihindari dan tidak dapat dihindari.

Perubahan untuk yang lebih baik

Pintasan membantu Anda mengatur Google Drive Anda. Akan ada akses yang lebih mudah dan manajemen file yang lebih sederhana untuk semua orang yang bekerja sama dengan platform penyimpanan cloud.