Cara Menutup Google Form

Artikel ini menjelaskan Cara Menutup Google Form di Android dan di Desktop. Jika Anda ingin berhenti menerima respons terhadap formulir, survei, atau kuis, sebaiknya tutup. Dengan cara ini, tidak ada orang lain yang dapat mengisi atau mengirimkan formulir. Berikut cara menutup Google Form secara manual atau otomatis.

Anda dapat berhenti mendapatkan tanggapan dan dengan cepat menutup formulir baik secara manual atau otomatis berdasarkan sesuatu seperti tanggal. Dengan fitur atau add-on Google Forms, Anda hanya dapat menentukan kapan formulir Anda akan ditutup.

Cara Menutup Google Form Secara Manual

Untuk menutup formulir secara instan, Anda cukup menekan tombol. Anda kemudian memiliki opsi untuk menampilkan pesan khusus bagi mereka yang masih mencoba mengakses formulir.

  1. Buka formulir di Google Forms dan buka tab “Respons” di bagian atas. Matikan sakelar untuk menerima tanggapan.
  2. Anda akan melihat pesan default yang akan diterima responden saat mereka membuka formulir. Untuk menggunakan milik Anda, cukup masukkan ke dalam kotak.
  3. Anda kemudian dapat melihat pratinjau formulir dengan mengklik ikon mata di sudut kanan atas untuk melihat pesan seperti yang dilakukan responden.
  4. Dengan opsi manual untuk menutup formulir ini, Anda dapat membukanya kembali kapan saja dengan mengaktifkan kembali tombol sakelar untuk menerima tanggapan.

Cara Menutup Google Form Secara Otomatis

Anda dapat mengatur pengingat Google Kalender untuk Anda sendiri untuk menutup formulir secara manual, atau dengan add-on Anda dapat mengatur ini agar terjadi secara otomatis. Ini adalah cara praktis jika Anda memiliki beberapa formulir aktif dan ingin memastikan salah satunya ditutup tanpa intervensi manual.

Dengan add-on formLimiter, Anda bisa menutup formulir berdasarkan jumlah respons, tanggal dan waktu, atau nilai sel dalam spreadsheet yang terhubung.

BACA: Cara Menyimpan File Word ke Google Drive

Setelah menginstal add-on dari Google Workspace Marketplace, Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik ikon add-on di bagian atas formulir dan memilih “formLimiter“. Kemudian pilih “Set Limit” di jendela pop-up kecil.

Antarmuka formLimiter akan terbuka di sisi kanan. Klik daftar drop-down Border Type untuk memilih bagaimana formulir ditutup. Anda memiliki tiga opsi: tanggal dan waktu, jumlah respons ke formulir, dan nilai sel spreadsheet.

tanggal dan waktu

Salah satu cara terbaik untuk menutup formulir tergantung pada tanggal dan waktu. Pilih “Tanggal dan Waktu” sebagai jenis batasan, pilih tanggal dan waktu dari jendela pop-up, dan masukkan pesan untuk ditampilkan kepada responden.

Jumlah tanggapan formulir

Menutup formulir dengan jumlah respons berguna jika Anda memiliki formulir untuk skenario seperti “50 orang pertama yang mengisi formulir mendapatkan…”. Pilih Reply Count sebagai jenis batas, masukkan nomor di bidang, dan tambahkan pesan.

Nilai Sel Spreadsheet

Cara Menutup Google Form adalah cara lain untuk menutup formulir dengan formLimiter tergantung pada nilai spreadsheet. Untuk menggunakan opsi ini, Anda harus menyertakan lembar tujuan untuk respons formulir.

Anda dapat melakukannya dari tab Responses dengan membuat sheet baru dengan ikon Google Sheets, atau dengan mengklik tiga titik dan memilih “Select Response Destination“.

Pilih nilai sel spreadsheet sebagai jenis ambang batas, masukkan lokasi dan nilai sel, dan sertakan pesan untuk responden.

Setelah menggunakan salah satu opsi di atas untuk menutup formulir, Anda dapat mencentang kotak untuk menerima email saat formulir ditutup. Kemudian klik “Simpan dan Aktifkan” dan selesai.

Tidak semua skin harus tersedia selamanya. Anda mungkin memiliki tes penilaian diri dengan tenggat waktu penyelesaian, atau formulir pendaftaran di mana Anda hanya dapat menerima sejumlah orang tertentu. Apa pun formulir Anda, ingatlah opsi ini untuk menutupnya saat waktunya tepat.