Cara Mentransfer File dari Satu Akun Google Drive ke yang lain

Ingin mentransfer file antar akun Google Drive tanpa mengunduh dan mengunggah ulang? Cari tahu bagaimana Anda bisa melakukannya!

Google Drive menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Kedengarannya sangat banyak, tetapi perlu diingat bahwa ruang ini digunakan bersama dengan file Anda di Google Drive, Gmail, dan Google Foto. Dengan cara ini, ketika salah satu akun Drive Anda kehabisan ruang, Anda dapat memindahkan file ke yang lain.

Sebagian besar dari kita memiliki lebih dari satu akun Google Drive, tetapi Google masih perlu memberi kita cara mudah untuk mentransfer file dengan mudah dari satu Google Drive ke Google Drive lainnya. Anda harus mengandalkan solusi untuk mentransfer file dari satu akun ke akun lainnya.

Cara Mentransfer File antar Akun Google Drive

Jika Anda ingin mentransfer file dari satu akun ke akun lain tanpa mengunduh dan mengunggah ulang, inilah yang perlu Anda lakukan. Namun, jika Anda lebih tertarik dengan cara mentransfer file dari PC ke ponsel, lihat daftar cara tercepat untuk mentransfer file antara PC dan perangkat seluler.

1. Bagikan dokumen dengan akun Google Drive lain.

Jika Anda hanya ingin mentransfer satu dokumen, Anda dapat melakukan pertukaran satu kali dengan akun lain. Itu tidak memerlukan banyak pengaturan dan sangat mudah diterapkan.

  • Buka akun Google Drive utama Anda.
  • Temukan file atau folder yang ingin Anda pindahkan ke akun Google Drive sekunder Anda.
  • Klik kanan pada file atau folder dan pilih Bagikan.
  • Masukkan nama pengguna Google alternatif. Klik Lanjutan. Di bawah Pengaturan berbagi, ubah izin menjadi Pemilik. Klik tombol kirim berwarna biru.
  • Masuk ke akun Google Drive sekunder Anda. Klik filter “Dibagikan dengan saya” di bilah sisi kiri untuk menemukan folder bersama dengan cepat.
  • Google Drive tidak mengizinkan Anda membuat salinan folder, tetapi Anda dapat membuat salinan file di dalamnya dan kemudian memindahkannya ke folder atau subfolder baru untuk menyalin hierarki asli.
  • Klik kanan pada setiap file (atau pilih semuanya) dan klik Make Copy. Ganti nama file yang sesuai dan pindahkan ke folder baru.
  • Kembali ke akun utama dan hapus folder asli dari drive serta dari sampahnya.
  • Anda juga dapat menggunakan Google Takeout untuk memindahkan seluruh arsip data Anda ke akun lain.

2. Buat Folder Transfer di Google Drive.

Trik di atas sangat bagus jika Anda ingin melakukan transfer satu kali dari satu akun ke akun lainnya. Namun, jika Anda ingin melakukan lebih banyak transfer di masa mendatang, Anda dapat membuat folder yang secara otomatis membagikan file yang dihosting di dalam antara akun Google Anda.

  • Pertama, buat folder baru di Google Drive. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik “Baru” di sudut kanan atas dan kemudian “Folder”.
  • Bagikan folder dengan akun target Anda. Anda dapat melakukan ini dengan cara yang sama seperti Anda membagikan file dalam petunjuk di atas.
  • Seret file yang ingin Anda bagikan dengan akun lain ke dalam folder ini.
  • Google Drive akan menampilkan pesan yang menanyakan apakah Anda ingin “Ubah siapa yang memiliki akses”. Ini memperingatkan Anda bahwa dengan memindahkan dokumen ke folder lain, Anda akan membaginya dengan akun lain yang memiliki akses ke folder tertentu. Inilah yang ingin Anda lakukan, jadi klik Transfer.
  • Masuk ke akun lain, akses folder bersama, dan seret atau lepas file di mana saja.

BACA: 7 Fitur Google Drive Android yang Harus Anda Gunakan

Mentransfer File lebih Mudah dengan Google Drive

Jika Anda ingin memindahkan file dari salah satu akun Google Drive Anda ke akun lain, Anda tidak perlu mengunduh dan mengunggahnya kembali. Dengan berbagi file sendiri atau dengan membuat folder bersama, Anda dapat dengan cepat memindahkan dokumen ke tempat yang Anda inginkan.

Jika Anda mencari cara lain untuk mengoptimalkan Google Drive, ada banyak alat yang dapat membantu Anda. Layanan seperti You Need a Wiki dan Glide sangat bagus untuk memperluas fungsionalitas penyimpanan cloud Google.