Cara Mengirim File Besar Lewat Google Drive

Mengirim File Besar Lewat Google Drive – Jika Anda mencoba mengirim banyak file atau file besar, email tidak berguna. Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara mengirim file besar melalui email. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah Anda harus menggunakan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Kami merekomendasikan dua penyimpanan cloud utama – Dropbox dan Google Drive. Google Drive gratis dengan Gmail, dan Anda bisa mendapatkan batas penyimpanan yang lebih besar dengan G-Suite seharga $5 per bulan atau paket Bisnis seharga $10 per bulan.

Apa itu Google Drive?

Google Drive adalah layanan hosting file, juga dikenal sebagai layanan cloud. Penyedia menyediakan ruang penyimpanan (cloud) di servernya untuk mengunduh file seperti misalnya mencadangkan atau memperbaiki memori ponsel atau komputer, mengirim dan berbagi file dari Google Drive.

BACA: Cara Membuat Google Drive Unlimited

Pengguna dapat menggunakan ruang disk hingga 15 GB secara gratis. Namun, memori ini juga digunakan oleh Gmail. Jadi, jika Anda ingin mengirim file yang sangat besar, Google Drive belum tentu cara yang tepat – setidaknya tidak dalam versi gratis. Ruang penyimpanan tambahan hingga 30 TB dapat dibeli dengan biaya tambahan. Anda dapat mengakses Google Drive tidak hanya dari komputer Anda, tetapi juga melalui klien macOS, Windows, dan Linux. Jika program akan digunakan melalui Android atau iOS, ini dimungkinkan melalui aplikasi terpisah.

Cara Unggah file di Google Drive

Anda dapat mengakses cloud Google Drive melalui web atau melalui aplikasi seluler. Dalam program itu sendiri, Anda hanya perlu beberapa langkah sederhana untuk mengunggah file:

  1. Klik tanda plus berwarna di sudut kiri atas (kata “Baru” muncul di sebelahnya). Jendela terpisah akan terbuka.
  2. Di sini Anda sekarang dapat memilih antara “Unggah file” atau “Unggah folder”.
  3. Pilih file atau folder yang akan diunduh ke perangkat akhir Anda dan konfirmasikan entri.
  4. Sekarang semua file atau folder yang dipilih diunggah ke cloud, di mana mereka langsung tersedia.

Mengirim File Besar Lewat Google Drive

Semua file yang telah Anda unggah sekarang ditampilkan di clipboard. Jika Anda ingin membuatnya tersedia untuk orang lain, Anda dapat mengirimkannya langsung dari Google Drive. Untuk ini, Anda memiliki dua opsi:

  1. Anda berbagi file dengan orang lain yang juga memiliki Akun Google dan dapat mengaksesnya melalui akun mereka.
  2. Anda membuat link yang Anda kirim ke penerima. Penerima juga harus memiliki akun Google untuk mengakses file.
  3. Anda juga dapat mengatur hak tambahan. Misalnya, Anda dapat menentukan bahwa siapa saja yang memiliki tautan dapat melihat, mengedit, atau mengomentari file.

Kirim file dari Google Drive – tetapi bagaimana caranya?

Buka Penyimpanan Saya di Google Drive. Anda akan melihat semua file dan folder yang telah Anda unggah. Sekarang klik kanan pada file yang ingin Anda kirim. Sebuah jendela akan terbuka di mana Anda dapat memilih item menu “Dapatkan tautan untuk dibagikan”. Kemudian Anda hanya perlu mengedit Pengaturan Berbagi dengan mengkliknya, dan jendela baru akan terbuka.

Di bagian atas, Anda sekarang memiliki opsi untuk mengedit posting tautan, menyalin tautan ke papan klip, atau langsung memasukkan nama atau alamat email penerima. Jika Anda ingin mengirim tautan langsung melalui email, penerima itu juga memerlukan akun Google mereka sendiri. Atau, Anda dapat menyalin tautan dan mengirimkannya sebagai email atau WhatsApp terpisah.

Itulah Beberapa cara Mengirim File Besar Lewat Google Drive di ponsel dan desktop.