Cara Menghapus atau Restore File di Google Drive

Pernahkah Anda secara tidak sengaja menghapus beberapa file di akun Google Drive Anda? Berikut cara mendapatkannya kembali dengan mudah.

Sangat penting untuk menghapus data di Google Drive untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Google Drive memungkinkan Anda menghapus file sementara atau permanen dan memulihkannya jika Anda tidak sengaja menghapusnya saat mengosongkan ruang.

Artikel ini menjelaskan cara menghapus file di Google Drive dan memulihkannya jika perlu.

Cara Menghapus file di Google Drive

Untuk menghapus file di Google Drive, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun Google Drive Anda.
  2. Pilih file yang ingin Anda hapus.
  3. Klik kanan pada file yang dipilih dan pilih Hapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menghapus file dari perpustakaan Anda, yang akan memindahkannya ke sampah Google Drive Anda. Itu tetap di sana selama sebulan sebelum Google Drive menghapusnya secara permanen.

BACA: Cara Mencari file Google Drive dari Address Bar Chrome

Anda harus menghapus file secara manual dari Sampah Anda jika Anda ingin segera menghapusnya secara permanen alih-alih menunggu mereka dihapus secara otomatis setelah satu bulan. Berikut cara melakukannya:

  1. Di bilah sisi kiri, klik “Keranjang Belanja”.
  2. Di tempat sampah, pilih file yang ingin Anda hapus secara permanen.
  3. Klik kanan pada file dan pilih “Hapus Permanen”.

Bagaimana Restore file yang dihapus di Google Drive

Sama seperti menghapus file secara permanen, Anda juga dapat memulihkan file yang terhapus dari Sampah Google Drive. Yang harus Anda lakukan adalah klik kanan pada file dan pilih Pulihkan.

Demikian pula, Anda dapat menghapus atau memulihkan file secara massal di Google Drive dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Satu-satunya perbedaan adalah Anda harus memilih semua file dengan menahan CTRL lalu mengklik setiap file untuk memilihnya.

Karena fleksibilitas berbagi dokumen dan fitur lainnya di Google Drive, itu bisa menjadi platform kolaborasi Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, lihat artikel kami tentang cara berkolaborasi dengan mudah di Google Drive menggunakan anotasi online.

Hapus atau Restore File dengan Cepat di Google Drive

Google Drive memungkinkan Anda menghapus atau memulihkan file satu per satu atau bersama-sama. Kemampuan untuk memulihkan file yang dihapus dibatasi hingga 30 hari sejak tanggal penghapusan. Kemudian file dihapus dari Recycle Bin. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda hapus secara permanen dari Sampah.

Jika Google Drive adalah penyimpanan cloud Anda, mengamankannya harus menjadi prioritas utama Anda.