Cara Menggunakan Google Form untuk bisnis Anda

Google Form adalah cara mudah untuk mengotomatisasi tugas yang berulang. Di sini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk pekerjaan rutin atau rutinitas kerja Anda.

Saat Anda perlu membuat template untuk bisnis Anda, sangat penting untuk memiliki alat yang mudah digunakan. Google Formulir dapat membantu Anda dalam hal itu. Dengan templat yang berguna, fitur yang berguna, dan antarmuka yang intuitif, Anda dapat membuat dan menyesuaikan persis formulir yang Anda inginkan.

Di sini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk tindakan bisnis umum.

Gunakan Template dan Fungsi

Google Form memiliki banyak fitur untuk membuat formulir bisnis. Anda dapat dengan cepat memulai dengan salah satu template yang disarankan dan memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mengakses opsi formulir, masuk ke Google Formulir dan pilih Galeri Formulir di bagian atas.

Lamaran pekerjaan

Templat perintah kerja berisi informasi dasar yang diperlukan untuk perintah kerja sederhana, seperti nama, alamat email, deskripsi, prioritas, dan tanggal jatuh tempo.

Anda kemudian dapat menggunakan bagian Jenis untuk menandai ruang kerja Anda. Anda dapat menyimpan pertanyaan pilihan ganda Anda dan hanya memperbarui jawaban yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Misalnya, lamaran pekerjaan untuk departemen TI mungkin menyertakan opsi untuk perangkat lunak, perangkat keras, dan layanan jaringan.

Formulir umpan balik

Template testimonial pelanggan dapat digunakan untuk testimonial karyawan atau siswa, serta testimonial pelanggan, dengan beberapa pengaturan sederhana.

Misalnya, Anda dapat menambahkan pertanyaan dalam daftar drop-down sehingga karyawan dapat memilih ke departemen mana umpan balik mereka diarahkan. Atau untuk mengajar, Anda dapat menyertakan pertanyaan paragraf sehingga pelajar dapat menyarankan saran untuk pelajaran berikutnya.

Formulir pendaftaran

Formulir pendaftaran acara dapat digunakan untuk hampir semua jenis acara. Untuk bisnis, Anda dapat menggunakannya di konferensi, seminar atau pelatihan.

Untuk acara beberapa hari, seperti konferensi, Anda dapat menggunakan pertanyaan bendera untuk memungkinkan peserta memilih hari mana yang akan dihadiri. Atau untuk sesi pelatihan, peserta pelatihan dapat memilih waktu yang mereka sukai.

Formulir juga menyertakan bagian wajib di bagian bawah di mana peserta harus mengkonfirmasi pembayaran. Anda dapat menggunakan ini untuk seminar atau konferensi berbayar.

BACA: Cara Mengintegrasikan Google Form dengan Google Spreadsheet

Permintaan liburan

Leave Request Template adalah template yang mudah digunakan yang dapat berupa apa saja yang Anda inginkan tanpa modifikasi apa pun. Bagian termasuk nama, tanggal cuti, waktu hari, dan jenis cuti. Bagian yang berguna di akhir memungkinkan pengguna untuk menulis paragraf tentang alasan untuk pergi, jika mereka mau.

Jika Anda juga ingin mendapatkan alamat email pengguna, Anda dapat dengan cepat menambahkan pertanyaan ini. Cukup klik tanda plus untuk menambahkan pertanyaan, beri nama “Alamat Email” dan Google Forms akan secara otomatis memilih jenis pertanyaan jawaban singkat untuk Anda. Anda dapat menjadikannya pertanyaan yang diinginkan dengan menggeser tombol di bagian bawah.

Buat formulir Anda sendiri

Jika Anda lebih suka memulai dari awal dengan template Anda sendiri, ini lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Selain itu, Anda bisa menyimpan formulir sebagai Templat dan terus menggunakannya, membuat perubahan kecil yang diperlukan. Pertama, buka Google Forms untuk membuka formulir tanpa judul dengan mengklik template kosong di galeri template.

Formulir Pembaruan Tim

Untuk menerima pembaruan dari karyawan atau tim, Anda dapat membuat formulir untuk menerima kasus. Tambahkan pertanyaan penting seperti nama dan email, lalu sesuaikan saja bagian Anda. Dalam contoh ini, kami akan menggunakan Pembaruan Tim Proyek.

Anda dapat menambahkan drop-down pertanyaan dengan opsi untuk proyek yang sedang dikerjakan anggota tim. Tergantung pada jawaban (proyek) yang mereka pilih, Anda dapat meminta mereka untuk pindah ke bagian lain dari formulir. Ini memungkinkan Anda membuat bagian untuk tugas untuk proyek ini dan pengguna akan secara otomatis dialihkan ke sana.

  1. Buat pertanyaan dan jawaban desain dengan mengklik tanda plus.
  2. Buat bagian tugas yang berbeda dengan mengklik Tambahkan Bagian.
  3. Beri nama bagian dan tambahkan tugas untuk setiap proyek.
  4. Kembali ke pertanyaan tentang proyek, pilih ikon Lainnya (tiga titik) dan pilih “Pergi ke bagian” berdasarkan jawabannya.
  5. Di sebelah setiap jawaban, klik panah dan pilih bagian yang akan mengarahkan pengguna saat memilih jawaban itu.

Injury Form

Membuat bentuk cedera juga sangat sederhana. Setelah menambahkan nama dan alamat email, Anda dapat menambahkan pertanyaan tentang hal-hal seperti tanggal dan waktu cedera, lokasi kecelakaan, dan tingkat keparahan cedera. Dengan pertanyaan tingkat keparahan, Anda dapat memilih opsi pertanyaan skala linier.

  1. Buat pertanyaan tingkat keparahan Anda sendiri dengan mengklik tanda plus.
  2. Pilih “Skala Linier” di opsi pertanyaan.
  3. Pilih skala angka yang ingin Anda gunakan dari menu drop-down.
  4. Masukkan label untuk angka pertama dan terakhir pada timbangan.

Formulir permintaan transfer

Jika perusahaan Anda mengizinkan transfer ke kota, kantor lokal, atau departemen lain, Anda dapat menyiapkan formulir transfer hanya dalam beberapa menit. Sekali lagi, aktifkan Pertanyaan Nama dan Email, lalu sesuaikan bagian dan pertanyaan Anda sendiri. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan pertanyaan pilihan ganda:

  1. Buat pertanyaan terjemahan Anda dengan mengklik tanda plus.
  2. Pilih Kotak Pilihan Ganda dari opsi pertanyaan.
  3. Tambahkan jawaban Anda untuk baris dan kolom.
  4. Pilih ikon “Lainnya” (tiga titik) dan pilih “Batasi satu jawaban per kolom” untuk menghindari kebingungan.

Sudahkah Anda mencoba Google Formulir untuk Bisnis?

Google Forms adalah alat yang mudah digunakan untuk membuat formulir bisnis. Berkat fleksibilitas, opsi berbagi, dan templatnya, formulir dapat dibuat dan dikirimkan hanya dalam beberapa menit.