Cara Menggunakan Google Adwords atau Google Ads

Cara Menggunakan Google Adwords – Iklan online dengan Google Ads adalah salah satu cara paling efektif untuk menarik pelanggan baru dan mengembangkan bisnis Anda. Namun, sebelum memulai, Anda perlu mengetahui cara menggunakan Google Ads secara efektif untuk meningkatkan ROI dan menghindari kesalahan.

Apa itu program Google Ads?

Google Ads adalah platform periklanan bayar per klik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Google. Ini juga merupakan jaringan periklanan online terbesar dan paling banyak digunakan di dunia, dan jutaan perusahaan menggunakan Google Ads untuk menjangkau pelanggan baru dan mencapai sasaran penjualan, pemasaran, dan pendapatan mereka.

Pengiklan yang memilih untuk menggunakan Google Ads dapat menargetkan pengguna dari jaringan yang berbeda.

Iklan Penelusuran: Di Jaringan Penelusuran, pengiklan membuat iklan teks yang menargetkan kata kunci, kata, dan frasa yang dicari orang di Google. Ini memberi mereka kesempatan untuk muncul di hasil pencarian ketika pelanggan mereka paling tertarik untuk berinteraksi atau membeli. Meskipun hanya satu jenis iklan bayar per klik, iklan pencarian sering disebutkan oleh orang-orang ketika mereka menggunakan istilah tersebut. Ini juga dikenal sebagai pencarian berbayar.

Iklan Display: Jaringan Display memberi pengiklan kemampuan untuk menempatkan iklan spanduk visual di situs web yang merupakan bagian dari Jaringan Display. Jaringan Display Google menjangkau hampir 90% pengguna Internet di seluruh dunia, yang merupakan audiens potensial yang besar. Dalam hal Jaringan Penelusuran versus Jaringan Display, keduanya menjadi lebih baik bila digunakan bersama-sama.

Iklan Shpping: Dengan Kampanye Belanja, Anda menghubungkan umpan produk terperinci ke akun Anda dan Google akan menampilkan produk Anda yang cocok dengan kueri Anda di penelusuran Google dan tab Google Belanja, serta penempatan lain di jaringan Google Belanja. Pemirsa dapat membeli langsung dari iklan atau membuka halaman produk.

Iklan YouTube: Karena YouTube adalah milik Google, Anda juga dapat menggunakan Google Ads untuk membuat video atau menampilkan iklan yang muncul di video YouTube dan hasil pencarian. Pelajari lebih lanjut di panduan lengkap kami untuk periklanan YouTube.

Setiap jenis iklan menawarkan serangkaian manfaat yang berbeda dan dapat membantu mencapai tujuan yang berbeda. Dan jaringan ini memiliki berbagai jenis kampanye, penempatan, format, dan lainnya. Bahkan ada jenis kampanye yang memungkinkan Anda beriklan di beberapa jaringan sekaligus.

Mengapa menggunakan Iklan Google?

PPC biasanya menawarkan banyak keuntungan bisnis, tetapi Google Ads memiliki manfaat tambahan.

  • Hasil Cepat: Meskipun SEO sangat penting untuk bisnis apa pun, peringkat konten Anda membutuhkan waktu. Di sisi lain, iklan PPC mungkin mulai muncul segera setelah kampanye Anda diluncurkan.
  • Data dan Wawasan: Data yang Anda kumpulkan dari kampanye memungkinkan Anda melakukan peningkatan untuk memaksimalkan anggaran serta mendapatkan wawasan pelanggan yang tak ternilai.
  • Konversi yang sangat sederhana: selain penelusuran, iklan bergambar, belanja, iklan YouTube, dan penargetan, Anda dapat menggunakan Google Ads di setiap tahap perjalanan konversi.
  • Pengembalian investasi yang tinggi: Karena cara kerja Google Ads, PPC adalah salah satu saluran ROI tertinggi untuk pemasar dan pengiklan, menghasilkan rata-rata $2 untuk setiap dolar yang dihabiskan.

Bagaimana cara kerja Google Ads?

Meskipun kampanye iklan di Jaringan Penelusuran dan Jaringan Display dijalankan melalui Google Ads, istilah “Google Ads” biasanya mengacu pada Jaringan Penelusuran. Pemasar digital biasanya merujuk ke jaringan tampilan dengan namanya. Singkatnya, Google Ads bekerja pada sistem lelang, di mana biaya ditentukan tidak hanya oleh penawaran, tetapi juga oleh kualitas dan relevansi iklan.

BACA: Bagaimana Cara kerja Google AdWords? Dasar-Dasar Google Ads

Untuk informasi selengkapnya tentang lelang Google Ads dan cara kerja sistem Google Ads, lihat infografis ini.

Cara Menggunakan Google Adwords atau Google Ads

  1. Buat organisasi Anda
  2. Buat akun Google Ads Anda sendiri
  3. Pilih kata kunci
  4. Buat kampanye Anda
  5. Buat iklan Anda
  6. Laporan Hasil
  7. optimasi dan modifikasi