Cara Mencadangkan ke Google Drive

Cara Mencadangkan ke Google Drive – Cloud sekarang menjadi bagian integral dari setiap praktik bisnis, hingga menjadi identik dengan bisnis modern. Selama bertahun-tahun, telah terjadi peningkatan pesat dalam adopsi solusi cloud karena banyak manfaatnya seperti kemudahan akses data, mobilitas, pengurangan biaya TI, fleksibilitas dan peningkatan kolaborasi, untuk beberapa nama.

Solusi cloud membantu menyediakan daya dan ruang penyimpanan tambahan untuk bisnis dari semua ukuran. Dengan kata lain, cloud memungkinkan organisasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka dengan cepat. Google Drive adalah solusi cloud Google yang diandalkan oleh jutaan orang dan bisnis untuk menyimpan, berbagi, dan mengakses data. Mari selami apa itu Google Drive, mengapa penting untuk mencadangkan Google Drive, bagaimana melakukannya, dan banyak lagi.

Apa itu Google Drive?

Google Drive adalah layanan penyimpanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan folder secara online. Anda dapat mengunggah dokumen, foto, audio, dan video ke folder pribadi atau bersama di Google Drive. File yang dihosting dapat dilihat, diedit, dan dibagikan dengan anggota tim untuk kolaborasi waktu nyata yang mulus. Anda juga dapat menyinkronkan file di komputer Anda dengan Google Drive dan mengaksesnya kapan saja, di mana saja, dan dari hampir semua perangkat – desktop, laptop, tablet, atau ponsel cerdas.

BACA: Cara Memblokir file Google Drive

Google Drive adalah bagian dari Google Workspace, yang mencakup banyak alat produktivitas dan kolaborasi untuk bisnis dari semua ukuran. Google menawarkan kepada penggunanya penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Paket Google Workspace Enterprise mulai dari $6 per pengguna per bulan, termasuk penyimpanan cloud 30 GB per pengguna.

Apakah Cadangan Google Drive dibuat Secara Otomatis?

Saat Anda mengunggah file dan folder ke Google Drive, file dan folder tersebut disimpan dengan aman di pusat data Google di seluruh dunia. Data Anda yang disimpan di Drive dienkripsi baik saat transit maupun dalam kondisi tidur. Dengan menyinkronkan dokumen, file, atau folder di komputer Anda dengan Google Drive, setiap perubahan yang Anda buat pada file dan folder tersebut juga akan diperbarui secara otomatis di versi cloud.

Apakah Google Drive merupakan Program Cadangan?

Google Drive adalah penyimpanan cloud yang memungkinkan Anda menyimpan file di cloud dan mengaksesnya dari perangkat apa pun yang terhubung ke Internet. Layanan online ini membantu mengosongkan ruang di perangkat Anda dengan menghosting data di cloud. Bisnis Anda harus mempertimbangkan Google Drive jika kebutuhan penyimpanan Anda meningkat secara eksponensial. Google Drive adalah alternatif yang bagus untuk sistem penyimpanan fisik di tempat.

Google menyimpan salinan cadangan data penting untuk pemulihan bencana dan kelangsungan bisnis, misalnya jika terjadi kegagalan perangkat keras, pemadaman pusat data, bencana alam seperti gempa bumi, angin topan, dll. Ini memastikan bahwa file dan folder Anda di Drive siap, aktif, dan berjalan secepat mungkin, bahkan jika terjadi bencana. Google menjamin hingga 99,9% waktu aktif aplikasi dan memberikan kompensasi finansial kepada pelanggannya atas kesalahan yang mereka lakukan. Dalam kasus yang jarang terjadi, Google akan menggunakan cadangan untuk memulihkan data guna mempertahankan tingkat keandalan yang tinggi.

Mengapa Anda harus Mencadangkan ke Google Drive?

Pengguna Google Drive sering berasumsi bahwa ketika mereka menyimpan data secara online, dokumen dan file mereka dicadangkan secara otomatis. Meskipun Google bertanggung jawab atas waktu aktif dan ketersediaan aplikasi, Anda bertanggung jawab secara operasional dan kontraktual untuk perlindungan data. Meskipun pusat data Google sangat aman, serangan cyber canggih saat ini diketahui menembus sistem pertahanan yang paling kuat sekalipun. Selain ancaman cyber, ada banyak ancaman keamanan lain yang dapat menyebabkan hilangnya data Google Drive.

Cara Mencadangkan ke Google Drive

Ada beberapa cara untuk mencadangkan Google Drive Anda. Opsi yang tercantum di bawah ini lebih cocok untuk akun pribadi dan bisnis yang sangat kecil.

Pencadangan manual ke hard drive eksternal

Ini adalah pendekatan manual dan mungkin cara termudah untuk mencadangkan data Google Drive Anda. Anda hanya perlu mengunduh file Drive yang ingin Anda backup dan menyalinnya ke hard drive eksternal.

Kelebihan:

  • Metode ini cepat dan sederhana.
  • Itu tidak memerlukan perangkat lunak tambahan.

Negatif:

Cara Mencadangkan ke Google Drive Secara Manual

Ini mungkin memakan waktu lama tergantung pada jumlah dan ukuran file.
Dalam kasus kehilangan data, pemulihan file Google Drive dapat menjadi rumit dan memakan waktu karena Anda harus mengunggah setiap file secara manual.

Hard drive eksternal harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Pencadangan & Sinkronisasi Google
Google Backup and Sync memungkinkan Anda untuk menyinkronkan desktop (PC Windows atau Mac) dengan Google Drive. Ini berarti Anda dapat mengakses data Google Drive Anda di desktop lokal Anda dan sebaliknya. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyinkronkan data dari perangkat USB dan kartu SD, serta foto dan video dari Google Foto.

Kelebihan:

  • Setiap perubahan yang Anda buat pada drive — seperti menambahkan file baru atau memodifikasi file di Google Drive — juga akan secara otomatis ditampilkan di desktop lokal Anda.
  • Anda dapat mengaturnya agar data Anda disimpan di desktop dan cloud.
  • Struktur file dan izin dipertahankan.

Kekurangan:

  • Hal ini dapat mengambil sebagian besar ruang hard disk.
  • Karena file di komputer Anda dan Google Drive disinkronkan, setiap perubahan atau penghapusan pada perangkat lokal Anda akan secara otomatis tercermin di cloud. Misalnya, ransomware dapat mengenkripsi data secara lokal dan data akan secara otomatis disinkronkan ke cloud, menginfeksi file di cloud juga.
  • Anda tidak dapat menjadwalkan pencadangan.
  • Koneksi internet diperlukan untuk mengunduh file arsip google

Google Takeout

adalah aplikasi web dari Google yang memungkinkan Anda mengekspor data dari Drive dan menyimpannya ke desktop, perangkat eksternal lainnya, atau layanan cloud.

Kelebihan:

  • Bekerja dengan semua produk Google.
  • Mendukung layanan cloud lainnya seperti Dropbox, OneDrive, dan Box.
  • Membantu mengosongkan ruang di Google Drive dengan memindahkan file ke hard drive eksternal.

Kekurangan:

  • Anda tidak dapat mengunggah folder atau file bersama yang dibuat oleh pengguna lain.
  • Proses backup rumit. Anda dapat membuat tidak lebih dari 2-3 cadangan per hari.
  • Google Takeout cenderung gagal meskipun pencadangan selesai 100%.

Cadangkan ke Google Drive terpisah

Metode ini memungkinkan Anda untuk menyalin file dari satu Google Drive ke yang lain tanpa harus mengunduh atau mengunggah ulang.

Kelebihan:

  • Metode ini cepat dan sederhana.
  • Itu tidak memerlukan perangkat lunak tambahan.

Kekurangan:

  • Ini adalah proses manual. Untuk alasan ini, ada kemungkinan kesalahan yang tinggi. Misalnya, lupa menambahkan file baru dan/atau yang diperbarui.
  • Karena kepemilikan file dan folder ditransfer ke akun Google kedua, Anda tidak akan dapat mengaksesnya jika Anda dihapus dari file dan folder tersebut.