Cara Menambahkan Verifikasi Tanggapan ke Google Form

Aturan validasi respons membatasi jenis respons yang dapat Anda isi di Google Form. Berikut cara menggunakannya.

Google Forms adalah sumber yang bagus untuk mengumpulkan tanggapan dari sekelompok besar orang dan menyatukan informasi ini di satu tempat. Anda dapat membagikan tautan Formulir Google secara online dan mengundang kiriman dari siapa saja yang melihat tautan tersebut.

Sangat mudah untuk melihat seberapa cepat itu bisa menjadi masalah. Tidak semua orang sama baiknya dalam mengikuti instruksi, yang dapat mempersulit untuk dengan cepat menafsirkan tanggapan yang Anda terima dan menambah beban kerja Anda. Di sinilah memeriksa jawabannya dapat membantu.

Apa itu Pemeriksaan Respons?

Validasi respons adalah seperangkat aturan yang membatasi jenis respons yang dapat diisi dalam bidang tertentu berdasarkan kriteria tertentu. Anda dapat menggunakan fitur ini tanpa harus menginstal ekstensi Google Forms apa pun.

Misalnya, jika Anda memiliki bidang untuk gaji bulanan yang diharapkan dalam Formulir Google, Anda dapat membatasi respons hanya pada angka. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dan akan menghalangi pelamar untuk menulis artikel tentang mengapa mereka mengharapkan jumlah gaji tertentu.

Cara Mengatur Pemeriksaan Respons

Mulailah dengan membuat Formulir Google. Setelah formulir Anda dibuat, Anda dapat mulai menambahkan elemen ke dalamnya. Pemeriksaan respons tersedia untuk tiga item berikut:

  1. Jawaban singkat
  2. gugus kalimat
  3. kotak centang

Setelah Anda menambahkan salah satu dari tiga item ke Formulir Google Anda, klik elipsis di sudut kanan bawah dan pilih Periksa Respons.

Setelah itu, Anda akan melihat menu dropdown baru di kiri bawah. Item dalam daftar ini bervariasi tergantung pada item yang Anda pilih. Terakhir, alihkan tombol Wajib untuk membuat jawaban yang dikonfirmasi menjadi wajib.

Periksa teks, email, atau URL

Anda dapat memvalidasi respons teks berdasarkan menyertakan atau mengecualikan string teks, alamat email yang diformat dengan benar, atau URL.

Anda dapat menggunakan “berisi” untuk tes di mana jawabannya harus menyertakan kata atau frasa tertentu. Jika Anda memilih “Berisi”, Anda juga akan diminta untuk memasukkan teks yang diperlukan di bidang berikutnya.

BACA: 4 Cara Kreatif Menggunakan Google Form di tempat kerja

Namun, empat opsi yang paling nyaman adalah email dan URL. Ini adalah opsi yang bagus ketika, misalnya, Anda memerlukan alamat email yang diformat dengan benar untuk URL portofolio seseorang atau kandidat.

Untuk salah satu opsi ini, Anda dapat memasukkan teks kesalahan untuk ditampilkan saat respons tidak dapat diterima.

Konfirmasikan Nomor

Anda hanya dapat memeriksa nomor untuk item paragraf pendek. Lakukan ini dengan memilih nomor, memilih kriteria verifikasi, dan memasukkan nomor.

Misalnya, jika Anda meminta responden untuk memasukkan berapa banyak proyek yang dapat mereka lakukan pada saat yang sama, Anda mungkin ingin memeriksa jawaban di bawah 5 untuk memastikan tidak ada 5 jawaban atau lebih.

Periksa Panjang Masukan

Anda dapat memeriksa panjang respons untuk elemen “Paragraf Pendek” dan “Paragraf” di Formulir Google dengan memilih “Panjang” dan memasukkan jumlah karakter minimum atau maksimum.

Pilih opsi yang sesuai dan masukkan jumlah karakter di bidang Angka. Misalnya, jika Anda meminta seseorang untuk menambahkan PIN, Anda dapat menentukan jumlah karakter minimum menjadi 5.

Periksa berapa banyak Kotak Centang yang Dicentang

Jika Anda menggunakan item Kotak centang di Formulir Google Anda, Anda dapat meminta responden untuk memeriksa minimum, maksimum, atau sejumlah bidang tertentu.

Pilih kriteria verifikasi dan masukkan nomor. Misalnya, jika Anda mengajukan pertanyaan yang memiliki setidaknya dua jawaban yang benar, Anda mungkin ingin responden memilih setidaknya dua bidang.

Periksa Ekspresi Reguler

Opsi ekspresi reguler bekerja mirip dengan opsi teks. Dengan ekspresi reguler, Anda dapat memvalidasi respons berdasarkan pola tertentu, tidak seperti opsi teks di mana Anda dapat memvalidasi respons berdasarkan string teks tertentu.

Misalnya, dengan opsi “Teks”, Anda dapat memvalidasi respons yang berisi string teks “AD”, tetapi dengan ekspresi reguler, Anda dapat memvalidasi respons yang dimulai dengan huruf U dan diakhiri dengan huruf S. Untuk melakukannya, ekspresi harus ditentukan , lalu pilih “berisi” dan masukkan A*D sebagai karakter pengganti.

Namun, dengan opsi biasa, Anda dapat melakukan banyak hal. Anda akan menemukan daftar lengkap ekspresi di halaman Bantuan Dokumen.

Jawaban Pasti

Google Form menawarkan banyak manfaat bagi siswa, akademisi, dan profesional. Memeriksa jawaban dapat membantu Anda menghindari sakit kepala karena melihat setumpuk besar jawaban yang tidak berarti.

Validasi membantu mencapai konsistensi dalam tanggapan dan membuat hidup Anda lebih mudah ketika Anda akhirnya duduk dan meninjaunya. Namun, Anda dapat menggunakan verifikasi di lebih dari sekadar Google Formulir. Validasi juga merupakan fitur yang berguna di Microsoft Excel (Validasi Data).