Cara Menambahkan File di Google Form

Google Form adalah salah satu alat Google yang paling populer, berguna dalam membuat dan menganalisis survei. Pembaruan terbaru telah menambahkan lebih banyak fitur hebat ke layanan yang sudah sangat baik. Baik Anda seorang perekrut yang membutuhkan resume dari pencari kerja, atau mungkin seorang guru yang perlu mengumpulkan pekerjaan rumah dari siswanya, kini Anda dapat mengizinkan orang lain mengunggah file langsung dari Google Formulir Anda.

Cara Menambahkan File di Google Form

Menambahkan tombol unggah file membuat perbedaan besar dalam hal formulir.

Saat Anda membuat Google Form baru, Anda akan memiliki opsi untuk menambahkan pertanyaan menggunakan beberapa opsi yang telah ditentukan sebelumnya. Pilih bagian terakhir dan klik ikon “” (lingkaran dengan tanda tambah) dari opsi di sebelah kanan. Langkah ini menambahkan pertanyaan (bagian) baru ke formulir.

  1. Klik menu tarik-turun di sudut kanan atas kotak pertanyaan (biasanya disebut “Pilihan Ganda”).
  2. Pilih Unggah File dari menu.
  3. Pilih “Lanjutkan” untuk mengizinkan unggahan file ke Google Drive Anda.
  4. Masukkan pertanyaan Anda, lalu siapkan aturan unggahan. Google Formulir menerima perubahan secara otomatis – Anda tidak perlu menyimpannya atau mengeklik apa pun.
  5. Pengguna Google Form sekarang melihat opsi “Tambahkan File” di bagian “Unggah File” pada formulir.
  6. Pengguna mengunggah file sesuai dengan kriteria di atas, lalu melihat daftar unggahan mereka dan memilih Unggah ke akun Drive mereka.

Unggah banyak file dari Google Formulir

Seperti kebanyakan layanan online yang memungkinkan Anda mengunggah file, Anda tidak dapat mengunggah seluruh folder sekaligus. File individual harus ditambahkan secara terpisah ke Google Formulir.

Misalnya, jika template Anda digunakan untuk pelamar kerja, Anda akan mendesainnya sehingga resume mereka diunggah secara terpisah dari surat lamaran mereka.

Demikian pula, jika Anda ingin mereka mengirimkan resume, foto, dan ID yang dipindai, formulir Google Anda akan memiliki tiga tombol unggah—satu untuk setiap dokumen yang diperlukan.

Penyimpanan file dan opsi kepemilikan

Semua file yang diunggah dari Google Formulir Anda disimpan dengan rapi dan mudah di Google Drive.

Nama setiap pertanyaan/bagian dalam formulir digunakan sebagai nama folder baru. Item yang diunduh terkait dengan bagian tertentu disimpan dalam folder terkait, sehingga prosesnya relatif otomatis dan tidak memerlukan pengaturan manual.

BACA: Cara Membuat Header di Google Form

Jika Anda perlu mengunjungi folder tertentu di Google Forms dan mendapatkan file, buka dasbor Anda dan pilih tab “Respons”. Sesampai di sana, klik tombol Browse Folder yang terletak di sudut kanan bawah jendela.

Jika Anda memilih untuk menautkan formulir Anda ke Google Spreadsheet, Anda akan dapat melacak semua file yang diunggah di tab Respons pada spreadsheet tertentu. Selain itu, setiap file berisi tautan langsung untuk akses cepat.

Responden yang mengunggah file langsung dari Google Drive secara otomatis membuat salinan dari file asli. Setelah file diunggah, Anda (pemilik formulir) juga menjadi pemilik salinan. Namun, file asli – jika tidak disetel sebagai publik – hanya akan dapat dilihat oleh pemiliknya.

Pengunggah melacak semua aktivitas ini di bilah sisi Google Drive.