Cara Memblokir file Google Drive

Berikut cara mengamankan file di Google Drive agar orang lain tidak dapat menyalin, mengunduh, atau mencetaknya.

Mengetahui cara melindungi file di Google Drive memungkinkan Anda mengontrol konten yang Anda bagikan dengan orang lain. Meskipun berbagi dan berkolaborasi adalah bagian dari apa yang membuat Google Drive menjadi layanan yang hebat, ada kalanya Anda ingin melindungi file Anda bahkan setelah Anda membagikannya.

Mungkin Anda telah mengirim seseorang dokumen atau spreadsheet dengan informasi pribadi atau rahasia yang dimaksudkan hanya untuk dilihat oleh mereka, atau Anda sama sekali tidak mempercayai seseorang yang tidak akan menyerahkan kerja keras Anda seolah-olah itu milik mereka.

Kabar baiknya adalah bahwa Google Drive memungkinkan Anda untuk mengunci file Anda sehingga tidak ada yang dapat menyalin, mengunduh, atau mencetaknya tanpa izin Anda juga dapat mencegah pengguna yang tidak berwenang mengedit pekerjaan Anda.

BACA: Bagaimana Cara Menyimpan Lampiran Gmail ke Google Drive

Untuk mengaktifkan fitur ini, yang disebut Google sebagai Manajemen Hak Informasi, Anda perlu mengakses Google Drive melalui browser web di komputer desktop Anda – fitur ini tidak dapat diaktifkan melalui aplikasi seluler Google.

Berikut cara mengaktifkan Pengelolaan Hak Informasi untuk melindungi file Google Drive Anda dan mengontrol apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan orang dengan konten yang Anda bagikan.

Cara memblokir file Google Drive

  1. Buka, buat, atau unggah Google Dokumen, Google Spreadsheet, atau Google Slide ke Google Drive.
  2. Klik tombol Bagikan di sudut kanan atas layar.
  3. Klik ikon roda gigi “Bagikan pengaturan dengan orang-orang” di sudut kanan atas kotak dialog pop-up yang muncul.
  4. Hapus centang “Pemirsa dan komentator dapat melihat kemampuan untuk mengunduh, mencetak, dan menyalin”.
  5. Anda akan melihat pesan konfirmasi bahwa pengaturan telah diperbarui.
  6. Klik lagi pada bidang sebelumnya dan klik “Edit” di bagian “Dapatkan Tautan”.
  7. Klik pada dropdown pertama untuk memilih siapa yang dapat membuka file. Pilih Dibatasi untuk mencegah akses tidak sah ke file.
  8. Jika Anda ingin orang lain dapat melihat file tanpa mengeditnya, pilih “Semua orang dengan tautan ini” dari daftar, lalu pilih “Lihat” dari daftar tarik-turun kedua
  9. Sekarang Anda dapat mengeklik Selesai untuk menyimpan perubahan dan keluar, atau memasukkan alamat email orang yang ingin Anda ajak berbagi file
  10. Mereka akan muncul secara otomatis saat Anda memasukkannya jika Google sudah memiliki data pengguna.
  11. Masukkan pesan jika Anda suka, lalu klik “Kirim” untuk membagikan file. Izin baru Anda akan berlaku sehingga tidak ada yang dapat menyalin, mengunduh, mencetak, atau mengubah konten mereka.