Cara Login Google dengan Kode Keamanan

Login Google dengan Kode Keamanan – Sebagian besar dari kita memiliki akun Google yang kita gunakan untuk mengakses Gmail, YouTube, pencarian, dan produk Google lainnya. Selain itu, kami tetap masuk ke akun Google kami di laptop dan/atau desktop kami. Mengapa? Karena menurut kami aman.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin masuk ke akun Google Anda di komputer umum atau komputer teman? Lebih penting lagi, bagaimana Anda melindungi akun Anda agar tidak masuk tanpa izin Anda?

Meskipun otentikasi dua faktor atau dua faktor adalah cara umum untuk melindungi peretas agar tidak mengakses akun Anda, Google telah maju dan membuat segalanya lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman. Sekarang Anda dapat menggunakan ponsel Android Anda sebagai kunci keamanan untuk masuk ke akun Google Anda di komputer mana pun. Ini disebut verifikasi dua langkah atau verifikasi dua langkah.

Login Google dengan Kode Keamanan

1. Prasyarat

Ada beberapa hal yang Anda perlukan sebelum Anda dapat membuat ini berfungsi. Anda memerlukan ponsel cerdas yang menjalankan Android 7.0 (Nougat) atau lebih tinggi. Anda juga perlu mengunduh dan memasang Chrome di ponsel cerdas ini dan masuk ke Android dan Chrome dengan akun Google yang sama.

Anda kemudian akan memerlukan komputer (OS tanpa panel) dengan browser Chrome tempat Anda mencoba mengakses layanan Google seperti Gmail atau YouTube.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Klik link di bawah untuk mengunjungi akun saya. Masuk dengan ID Google pilihan Anda di sini. Setelah masuk, klik “Keamanan” di sisi kiri jendela. Di sini, di bawah judul “Google Sign In”, Anda akan menemukan dua opsi seperti “Verifikasi Dua Langkah” dan “Gunakan ponsel Anda untuk masuk”.

Pada titik ini, Anda akan diminta untuk memasukkan kembali kata sandi akun Google Anda untuk alasan keamanan. Anda sekarang akan melihat daftar semua ponsel Android yang terhubung ke ID Google itu. Jika Anda tidak dapat melihat perangkat Anda, klik tautan Saya tidak dapat melihat perangkat saya.

Klik tautan “Coba Sekarang” dan Anda akan segera mendapatkan jendela pop-up di smartphone Android Anda.

Perintah Google ini berisi informasi seperti ID email, sistem operasi perangkat yang mencoba mengakses akun Anda, lokasi, waktu, dan dua opsi yang jelas. Anda dapat mengizinkan atau menolak akses. Ini jauh lebih cepat dan lebih mudah daripada memasukkan kode 2FA menggunakan aplikasi Google Authenticator. Sekarang kembali dan klik “Gunakan ponsel untuk masuk” lagi. Kali ini Anda akan melihat opsi yang berbeda.

Klik pada opsi Kustomisasi. Masukkan sandi Google Anda lagi. Pastikan Anda memilih ponsel Android yang benar dari dropdown dan ponsel Anda memiliki kunci layar. Mengapa? Tanpa kunci layar, siapa pun dapat mencuri ponsel Anda dan menggunakannya untuk masuk dengan perintah Google. Ponsel Anda juga harus dikunci dan diamankan. Klik “Berikutnya” saat Anda siap.

BACA: Akun Google Tidak Bisa Login di Chrome: Begini Cara Mengatasinya

Google sekarang akan meluncurkan mockup di mana Anda berpura-pura masuk ke akun Google menggunakan kredensial Anda. Selesaikan latihan dan masukkan detail login Anda.

Anda sekarang akan melihat prompt di ponsel Anda. Ini akan sedikit berbeda, karena ini adalah latihan percobaan yang akan membantu Anda menguasai dasar-dasarnya.

Kali ini tidak ada informasi lokasi atau OS. Klik Ya untuk melanjutkan latihan.

3. Hilangnya akses ke Telepon

Jadi apa yang terjadi ketika Anda tidak memiliki akses ke ponsel cerdas Anda? Ada banyak alasan untuk ini, seperti baterai mati, telepon curian, atau anak Anda tidak mau memberikannya kepada Anda. Nah, Anda tidak dapat masuk ke akun Google Anda dengan perintah. Namun, Anda dapat masuk dengan kata sandi Anda.

Cukup pilih opsi “Coba metode yang berbeda sebagai gantinya” di bagian bawah untuk masuk dengan sandi atau kode cadangan Anda. Jika ponsel Anda dicuri, Anda dapat yakin bahwa tidak ada orang lain yang dapat menggunakan router Google karena ada kunci layar. Untuk alasan ini, itu terdaftar sebagai prasyarat selama persiapan.

Jika Anda memiliki dua ponsel cerdas, Anda dapat mengatur nomor cadangan untuk menerima pesan teks atau suara yang dapat Anda gunakan untuk masuk alih-alih meminta. Anda akan melihat opsi untuk menambahkannya tepat di bawah perintah Google.

Pada layar yang sama, jika Anda menggulir sedikit lagi, Anda juga dapat mengatur 2FA dengan aplikasi otentikasi pilihan Anda, menggunakan kunci keamanan USB seperti Yubikey, dan menuliskan kode cadangan darurat. Lembar terakhir harus ditulis di selembar kertas dan disimpan di tempat yang aman.

Itulah beberapa tips cara Login Google dengan Kode Keamanan di Hp maupun di Laptop