4 Cara Kreatif Menggunakan Google Form di tempat kerja

Mencari ide baru tentang tujuan penggunaan Google Formulir? Berikut adalah beberapa cara kreatif untuk menggunakan Google Formulir di tempat kerja.

Google Forms adalah perangkat lunak pembuatan survei yang merupakan bagian dari Google Workspace dan memiliki berbagai kegunaan. Dirancang agar mudah digunakan dan memudahkan untuk membuat dan berbagi survei di tempat kerja, survei ini dapat menjadi bagian penting dari kotak peralatan tempat kerja Anda.

Tidak masalah jika Anda menggunakan aplikasi ini untuk pertama kali atau jika Anda menggunakannya secara teratur. Di sini kita melihat apa itu Google Forms dan bagaimana menggunakannya secara kreatif di tempat kerja.

Apa itu Google Forms?

Google Forms adalah perangkat lunak survei yang memungkinkan Anda membuat berbagai survei dan membaginya dengan tim Anda. Saat membuat formulir, Anda memiliki beberapa opsi untuk dipilih, sehingga Anda mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan. Ini termasuk tanggapan paragraf dan teks kaya, kotak centang, beberapa pilihan, kisi, unggahan file, dan skala angka.

Anda dapat mengunggah gambar ke formulir Anda untuk membuatnya menonjol dan menambahkan kontributor sehingga Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain pada tanggapan yang Anda terima. Setelah Anda mengisi formulir, yang perlu Anda lakukan adalah mengklik “Kirim” di sudut kanan atas layar dan pilih apakah Anda ingin mempostingnya melalui email, tautan, atau kode sematan.

1. Dapatkan Umpan Balik Tentang Proses Baru

Ketika proses baru diperkenalkan di tempat kerja, seringkali ada periode waktu di mana orang perlu beradaptasi, dan terkadang ini dapat mengungkapkan beberapa masalah atau kesulitan yang sebelumnya tidak dicatat. Dalam kasus ini, Anda mungkin ingin mendapatkan umpan balik tentang bagaimana keadaannya.

Membuat Google Form ini memberikan kesempatan kepada karyawan untuk didengarkan. Namun, ini juga merupakan kesempatan untuk memperbaiki masalah apa pun sebelum menjadi lebih umum.

Untuk jenis survei ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan fitur formulir berikut:

  1. Skala linier – untuk menambahkan peringkat atau opsi persetujuan/penolakan.
  2. Kotak centang – untuk memahami fitur mana yang lebih disukai dan mana yang tidak.
  3. Jawaban atau paragraf singkat – untuk informasi terperinci.

2. Minta ide Proyek

Pada tahap awal perencanaan proyek, penting untuk mendapatkan pandangan karyawan dari target audiens. Hanya karena sesuatu yang masuk akal untuk tim proyek Anda tidak berarti itu akan berhasil untuk semua orang. Selain itu, mungkin ada ide berguna yang belum Anda pikirkan.

Jika Anda menginginkan ide, Anda harus memastikan formulir Google Anda memungkinkan respons teks yang berubah-ubah, dan tidak membatasi respons untuk pilihan ganda. Untuk alasan ini, jawaban singkat atau paragraf adalah opsi pemformatan yang ideal.

BACA: Pengertian Google Form dan Fitur Didalamnya

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda mengirimkan formulir ke khalayak luas, Anda harus mempelajari banyak informasi. Tergantung pada ukuran proyek Anda, jenis survei ini mungkin lebih cocok untuk sekelompok kecil orang.

3. Sederhanakan Komunikasi

Di perusahaan besar dengan banyak departemen, Anda perlu mencoba membuat komunikasi semudah mungkin. Jika tidak, Anda mungkin menemukan karyawan dibombardir dengan email dan pembaruan dari departemen yang berbeda ini tanpa menyelesaikan masalah.

Untuk melakukan ini, Anda perlu membuat templat formulir Google standar bagi departemen untuk mengirimkan pesan mereka. Kemudian, setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali, Anda dapat menggabungkan informasi ini menjadi satu email untuk dikirim ke tim.

Anda akan dapat melihat semua informasi di tab Respons di Google Form dan cukup salin dan tempel sesuai kebutuhan.

4. Kuesioner Staf

Ada banyak alasan mengapa karyawan mungkin perlu mengisi formulir untuk meminta sesuatu. Ini bisa berupa peralatan baru, dukungan, pertemuan dengan departemen lain, dan banyak lagi.

Alih-alih menggunakan Google Documents untuk permintaan ini, Anda dapat membuat Formulir Google. Ini akan memungkinkan Anda untuk melacak dengan lebih baik siapa yang menanyakan apa dan menyimpan informasi di satu tempat daripada menyebarkannya ke banyak dokumen.

Formulir tiket lebih cocok untuk kombinasi pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, dan paragraf, tetapi Anda juga dapat menggunakan opsi tanggal dan kotak centang, tergantung pada informasi yang Anda butuhkan.