Aplikasi Perpesanan Terenkripsi Terbaik di Tahun 2022

Aplikasi perpesanan terenkripsi terbaik dapat mencegah orang lain mengintip percakapan Anda

Aplikasi perpesanan terenkripsi terbaik dapat membantu melindungi privasi Anda. Mereka mencegah orang lain menguping percakapan dan panggilan pribadi Anda, termasuk (dalam banyak kasus) perusahaan yang menjalankan aplikasi. Beberapa dari aplikasi ini dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan besar, dan lainnya dijalankan oleh perusahaan rintisan.

Banyak aplikasi perpesanan terenkripsi terbaik yang sangat terenkripsi sehingga bahkan lembaga pemerintah dan polisi tidak dapat meretasnya. Enkripsi ujung ke ujung, yang digunakan oleh Signal, Threema, WhatsApp, dan lainnya, berarti hanya pengirim dan penerima pesan atau panggilan yang dapat melihat atau mendengar isinya.

Aplikasi Pesan Terenkripsi Terbaik yang Dapat Anda Unduh Hari Ini

1. Signal

Signal adalah solusi pengiriman pesan yang bagus untuk pengguna ponsel yang sadar akan keamanan. Ini adalah solusi perpesanan, panggilan suara, dan obrolan grup gratis yang menggunakan protokol enkripsi ujung-ke-ujungnya sendiri.

Anda dapat mengirim pesan teks, panggilan suara, pesan grup, media, dan lampiran ke kontak telepon Anda, semuanya tanpa harus mengutak-atik kode PIN atau kredensial login khusus. Pembaruan terbaru telah menambahkan fitur berguna seperti latar belakang khusus dan stiker animasi, dan obrolan video grup Signal sekarang dapat memiliki hingga 40 peserta.

Semua pesan Sinyal dapat diatur untuk dihancurkan sendiri setelah jangka waktu tertentu. Plugin Chrome (terbuka di tab baru) juga memungkinkan Anda menggunakan Signal dari desktop Anda. Anda dapat mentransfer akun Signal (terbuka di tab baru) dari satu ponsel Android ke ponsel lain dan dari satu perangkat iOS ke perangkat lainnya. Pembaruan baru memungkinkan Anda untuk mengubah nomor telepon Anda sambil menyimpan detail akun Signal Anda selama Anda menggunakan perangkat yang sama.

2. Threema

Threema adalah aplikasi perpesanan terenkripsi ujung-ke-ujung yang sangat aman yang menggunakan pustaka sandi NaCl untuk mengamankan pesan Anda.

Saat Anda meluncurkan aplikasi, itu menghasilkan kunci ID Threema yang unik, memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi sepenuhnya secara anonim – tidak perlu nama. Jika tidak, Anda dapat mengaitkan akun Anda dengan alamat email atau nomor telepon untuk memudahkan pengguna Threema menemukan Anda.

Anda juga akan menerima kode QR yang dapat dipindai yang dapat Anda tunjukkan kepada pengguna Threema lainnya jika Anda bertemu langsung tetapi tidak ingin bertukar nama.

Selain serangkaian fitur perpesanan biasa seperti teks terenkripsi, audio, gambar, dan video, aplikasi ini juga menyertakan berbagi file (20MB per file), emoji, perpesanan grup, dan sistem polling untuk mendapatkan umpan balik dari teman dan kontak.

3. Whatsapp

WhatsApp, aplikasi obrolan dan panggilan yang paling banyak digunakan di dunia, telah menggunakan protokol enkripsi ujung-ke-ujung Signal untuk semua pesan sejak 2016.

Pengembangnya terus menambahkan penyesuaian pada fitur keamanan dan privasi aplikasi, seperti undangan dan kontrol grup yang akurat, sehingga Anda selalu tahu siapa yang membaca obrolan grup Anda.

BACA: Aplikasi Browser Android di Tahun 2022

Aplikasi ini juga menguji untuk mentransfer riwayat obrolan saat beralih antara ponsel iOS dan Android dan menggunakan akun yang sama di empat perangkat berbeda secara bersamaan. Pembaruan WhatsApp memungkinkan untuk membuat cadangan terenkripsi ujung ke ujung dan menambahkan kemampuan untuk menjadikan obrolan tersembunyi sebagai pengaturan default Anda. Anda juga dapat mentransfer riwayat obrolan dari iPhone ke Android, iOS beta menyarankan fitur transfer Android ke iPhone akan segera hadir.

4. Telegram (Android, iOS: Gratis)

Seperti Signal dan WhatsApp, Telegram memungkinkan pengguna untuk mengaitkan nomor telepon mereka dengan akun Telegram untuk mengirim pesan terenkripsi dengan cepat melalui Internet menggunakan enkripsi server klien untuk percakapan standar.

Tetapi Telegram lebih dari sekadar layanan perpesanan. Itu telah berkembang menjadi platform media sosial global dengan grup pengguna besar dan siaran yang memungkinkan akun menjangkau jutaan pengikut secara instan. Penggunaannya melewati pesan aman.

Namun, enkripsi ujung ke ujung tidak diaktifkan secara default di Telegram. Untuk mendapatkannya, Anda perlu beralih ke mode obrolan rahasia. Anda dapat mengatur pesan untuk dihancurkan sendiri, berbagi video dan dokumen, dan berpartisipasi dalam obrolan grup dengan hingga 200.000 pengguna. (Ya, Telegram mendukung obrolan grup dengan ukuran ini.) Namun, percakapan dengan lebih dari dua anggota tidak akan dienkripsi.