7 Fitur Google Drive Android yang Harus Anda Gunakan

Google Drive adalah aplikasi Android yang hebat, tetapi dengan tips ini, Anda akan dapat menggunakannya dengan lebih baik.

Google Drive dipasang di setiap ponsel Android, dan Anda tergoda untuk hanya menggunakannya sebagai penyimpanan cloud utama Anda. Tapi itu jauh lebih dari itu. Anda dapat menggunakannya untuk cadangan, sebagai pemindai foto, untuk berbagi file, dan banyak lagi.

Inilah pilihan kami dari tujuh fitur Google Drive teratas yang perlu Anda ketahui.

1. Cadangkan ponsel Anda

Google Drive digunakan untuk menyimpan cadangan ke ponsel Anda bersama dengan layanan Google One. Itu dapat mencadangkan pengaturan sistem dan aplikasi, serta beberapa data, sehingga Anda dapat dengan cepat memulihkannya setelah reset pabrik atau saat Anda meningkatkan ke perangkat baru.

Untuk menggunakannya, buka Drive dan buka Pengaturan > Cadangkan & Setel Ulang. Pilih akun di bagian Penyimpanan Akun. Jika Anda memiliki beberapa setelan, pastikan sakelar di samping Cadangkan ke Google One disetel ke Aktif.

Pencadangan akan dilakukan secara otomatis dalam kondisi berikut:

  • Ponsel Anda sedang diisi daya dan tidak digunakan setidaknya selama 2 jam.
  • Ponsel Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi.
  • Setidaknya 24 jam telah berlalu sejak pencadangan terakhir.
  • Anda juga dapat membuat cadangan ponsel Anda secara manual dengan mengklik tombol besar “Cadangkan Sekarang”.

Untuk melihat cadangan Anda, pilih Cadangan dari bar samping Drive. Klik untuk melihat aplikasi mana yang disertakan. Anda tidak dapat mengakses file individual dalam cadangan.

Kelemahan menggunakan Backup Drive adalah hanya bekerja dengan aplikasi pihak ketiga di mana pengembang telah memilih untuk mendukungnya. Beberapa aplikasi seperti WhatsApp mengharuskan Anda menentukan apakah Anda ingin mencadangkan obrolan secara terpisah. Untuk memastikan Anda benar-benar terlindungi, lihat beberapa opsi lain untuk mencadangkan ponsel Android Anda.

2. Scan Foto dan Dokumen

Dengan Google Drive, Anda dapat sepenuhnya membenamkan diri dalam dunia tanpa kertas. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memindai foto dan dokumen lama, dan juga mendukung pengenalan teks, yang membuat file yang dihasilkan dapat dicari sepenuhnya.

Untuk mulai memindai, ketuk ikon + di sudut kanan bawah dan pilih Pindai. Sekarang ambil foto dokumennya. Program akan mencoba menyelaraskan gambar, serta memotong elemen yang tidak perlu di sekitar tepinya.

Pilih alat Pangkas untuk menyesuaikan pemotongan jika perlu, dan gunakan alat Warna untuk menyimpan gambar sebagai dokumen berwarna atau hitam putih. Terakhir, simpan foto Anda.

BACA: Cara Mengisi Formulir PDF Menggunakan Google Drive

Jika Anda memindai banyak dokumen, Anda dapat menambahkan pintasan ke layar beranda untuk akses cepat. Pintasan tersedia sebagai alat. Proses penambahan tergantung pada telepon atau penyedia layanan yang Anda gunakan.

Biasanya, Anda menekan lama pada ruang kosong di layar beranda, pilih Widget, lalu temukan opsi Drive. Tekan dan tahan alat pemindaian disk dan seret ke tempatnya di layar beranda.

3. Bagikan file di Google Drive

Google Drive bukanlah layanan berbagi file, tetapi mungkin ada saatnya Anda perlu membuat file menjadi publik.

Untuk ini dalam aplikasi:

  • Klik tombol menu tiga titik di samping file atau folder, lalu pilih Kelola Akses.
  • Di bagian Berbagi, file harus disetel ke “Dibatasi” secara default. Pilih Edit > Akses Terbatas > Semua Orang Dengan Tautan.
  • Sekarang klik Lihat (ini seharusnya menjadi opsi yang Anda lihat secara default) dan pilih Penampil jika Anda ingin orang yang memiliki tautan dapat membuka file.
  • Komentator jika Anda ingin mereka dapat mengomentari file
  • Editor jika Anda ingin dapat mengedit file

Sekarang tekan tombol kembali beberapa kali dan kemudian klik ikon tautan di sebelah Berbagi untuk menyalin tautan ke papan klip Anda. Jika Anda keluar, Anda juga dapat mengklik tombol menu tiga titik di sebelah file dan memilih Salin Tautan.

Dengan menyalin tautan ke clipboard, Anda dapat mempostingnya secara online, seperti dalam pesan atau email Slack, bukan lampiran. Siapa pun yang memiliki akses ke tautan dapat melihat atau mengedit file tergantung pada pengaturan yang Anda pilih.

4. Buka file di Aplikasi lain

Jika memungkinkan, saat Anda membuka file di Google Drive, file tersebut akan terbuka di Drive itu sendiri atau di aplikasi default untuk jenis file tersebut. Ini berlaku untuk semua file umum, termasuk file Office, PDF, gambar, dan lainnya. Tetapi mungkin ada aplikasi lain di ponsel Anda yang dapat menangani file-file ini juga.

Cukup tekan tombol menu tiga titik di sebelah nama file, lalu pilih “Buka Dengan”. Menu Berbagi Android akan terbuka, menampilkan semua aplikasi yang Anda miliki yang dapat menangani jenis file ini, sehingga Anda dapat memilihnya dari daftar. Jika tidak ada aplikasi lain, mereka akan secara otomatis terbuka di aplikasi default seperti biasa.

5. Tambah Pintasan ke Layar Beranda Anda

Jika Anda adalah pengguna Drive berat, Anda mungkin memiliki setidaknya beberapa file yang Anda akses secara teratur, seperti PDF yang sedang Anda baca, spreadsheet yang perlu diperbarui, atau file bersama yang sedang Anda kerjakan. Untuk menghindari keharusan membiarkan aplikasi Drive tetap terbuka dan menavigasi ke file itu, Anda dapat menyimpan pintasan ke sana di layar beranda.

Klik tombol menu di sebelah nama file dan pilih Add to Home Screen. Anda dapat menyeret ikon ke tempatnya atau memindahkannya ke folder seperti ikon lainnya, atau pintasan akan dibuat di ruang kosong pertama di layar beranda.