5 Cara Memperbaiki Error This Video Cannot Be Played di Google Drive

Jika Google Drive tidak dapat memutar video Anda dan menampilkan kesalahan, berikut beberapa kiat pemecahan masalah yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Google Drive adalah alat yang berguna untuk menyimpan data, foto, dan video penting. Namun, terkadang Anda mungkin mengalami masalah saat mencoba memutar video di Google Drive. Biasanya Anda akan menemukan pesan kesalahan yang mengatakan “Video ini tidak dapat diputar” atau “Ups! Ada masalah saat memutar video ini.”

Ada banyak alasan untuk kesalahan Google Drive ini. Jadi mari kita lihat beberapa solusi terbaik untuk masalah ini.

1. Periksa koneksi internet Anda

Pertama, periksa apakah Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

Google Drive memerlukan koneksi Internet yang stabil dan berkecepatan tinggi untuk memutar video yang disimpan di awan. Oleh karena itu, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah jika memutar video dengan internet yang lambat atau jaringan yang terputus-putus.

Jika Anda menduga ada masalah kecepatan internet, periksa kecepatan Wi-Fi Anda. Tetapi jika kecepatan internet Anda baik-baik saja, pertimbangkan untuk mengatur ulang router Anda dan menyegarkan koneksi Anda.

2. Pastikan jenis file video Didukung

Google Drive mendukung berbagai format video, tetapi tidak semua. Meskipun ini memungkinkan Anda mengunggah video dalam format apa pun, hanya format yang kompatibel yang akan diputar.

BACA: Cara Mentransfer File dari Satu Akun Google Drive ke yang lain

Format video yang dapat Anda putar di Google Drive termasuk 3GPP, AVI, FLV, MPEG4, MPEG-PS, MOV, MTS, WebM, dan WMV. Jika video Anda tidak didukung oleh Google Drive, cukup konversi dan unggah ke Google Drive lagi.

3. Hindari Video Bajakan

Jangan pernah menggunakan Google Drive untuk menyimpan atau mendistribusikan konten bajakan. Jika Anda mencoba memutar video bajakan, Google mungkin telah memblokir atau memblokirnya. Ini karena fakta bahwa Google menemukan dan memblokir konten bajakan menggunakan hashing file.

Selain itu, ada beberapa cara yang sah untuk mendapatkan akses ke aplikasi bajakan secara gratis atau dengan diskon.

4. Pastikan video Anda tidak rusak

Anda mungkin mengalami kesalahan “Video tidak dapat diputar di Google Drive” karena video Anda rusak. Dalam hal ini, pemutar video di komputer Anda mungkin juga tidak memutar video saat Anda mengunduhnya.

Jika masalahnya disebabkan oleh video yang rusak, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ada banyak alat pemulihan video yang dapat membantu Anda memperbaiki video yang rusak. Bagian terbaiknya adalah sebagian besar alat ini dapat memulihkan video dalam berbagai format seperti WMV, AVI, MKV, FLV, MPEG, MP4 dan banyak lagi.

5. Coba mode penyamaran

Seringkali sangat berguna untuk menambahkan plugin atau ekstensi ke browser web Anda. Namun, beberapa ekstensi menawarkan fitur yang mengganggu browser default Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin mengalami kesalahan “Tidak dapat memutar video Google Drive” karena salah satu ekstensi yang baru saja Anda pasang.

Untuk memeriksa apakah ekstensi menyebabkan kesalahan ini, aktifkan mode penyamaran. Ini akan menonaktifkan semua ekstensi dan memungkinkan Anda menjelajah secara pribadi. Dari sana, masuk ke Google Drive dan coba putar videonya.

Jika itu menyelesaikan masalah, salah satu ekstensi adalah pelakunya. Untuk menemukan plugin yang bermasalah, nonaktifkan lalu aktifkan kembali semua ekstensi satu per satu.